Cara Merawat Rantai Roda Sepeda Motor

Cara Merawat Rantai Roda Sepeda Motor

Rantai roda ialah bagian dari komponen utama sistem pemindah tenaga kendaraan sepeda motor yang berperan dalam meneruskan putaran dari mesin (engine) ke roda bagian belakang sepeda motor, sehingga sepeda motor bisa berjalan. Rantai roda yang telah digunakan lama akan mengalami keausan sehingga butuh perawatan supaya keadaan rantai senantiasa dalam kondisi baik. Keadaan rantai yang kurang baik bisa menimbulkan sebagian efek, salah satunya merupakan bisa menimbulkan musibah kecelakaan karena rantai yang putus ataupun rantai yang terlepas. Untuk lebih jelasnya mengenai perawatan rantai roda sepeda motor berikut dibawah ini ulasannya untuk kalian.

Perawatan Rantai Roda Sepeda Motor

1. Membagikan Pelumasan Secara Rutin

Tiap bagian yang silih bergesekkan satu dengan yang lain dapat mengalami keausan. Buat memperkecil keausan yang terjadi tersebut rantai roda wajib adanya pelumasan. Pelumasan disamping dapat mengurangi efek terbentuknya keausan yang besar, juga dapat berperan dalam melindungi rantai serta sprocket dari terjadinya korosi. Apabila terjadi korosi pada rantai dapat membuat pergerakkan antara pivot serta pin pada rantai jadi macet ataupun tidak bisa bergerak mudah.

2. Pengecekan Serta Penyetelan Jarak Main Leluasa

Jarak main leluasa pada rantai roda sangat butuh diperhatikan serta ditilik sebab jarak main leluasa yang tidak cocok, baik sangat besar ataupun sangat kecil dapat berakibat pada kenyamanan serta keamanan pada saat berkendara.

  1. Jarak main leluasa rantai roda sangat kecilApabila ditemui jarak main leluasa rantai roda sangat kecil akan berakibat pada ketegangan rantai roda. Terus menjadi kecil, jarak main leluasa rantai roda hingga tegangan rantai roda akan terus menjadi tegang. Rantai roda yang tegang akan berbahaya karena rantai tersebut akan gampang putus.
  2. Jarak main leluasa rantai roda sangat besarApabila jarak main leluasa rantai roda sangat besar akan berdampak rantai jadi tidak kencang ataupun dengan kata lain rantai kendor. Rantai yang kendor hendak berbahaya besar rantai bisa terlepas dari sprocketnya. Rantai yang lepas tersebut bisa mengganggu bagian- bagian sparepart yang yang lain. Oleh karena itu, periksalah senantiasa jarak main leluasa rantai roda, apabila jarak main leluasa rantai roda tidak cocok spesifikasi baik sangat besar ataupun sangat kecil hingga jalani penyetelan jarak main leluasa rantai tersebut.

Metode pengecekan jarak main leluasa rantai roda

Jarak main leluasa rantai roda pada biasanya antara 10 hingga 20 milimeter, tetapi buat lebih tepatnya bisa dilihat pada buku petunjuk perawatan kendaraan ataupun manual book kendaraan tersebut. Adapun metode penyetelan jarak main leluasa rantai roda antara lain sebagai berikut:

1. Parkirkan sepeda motor dengan memakai standar tengah.

2. Kendorkan Baut serta mur as roda bagian belakang.

3. Setetelah baut serta mur as roda kendor, hingga jalani penyetelan jarak main leluasa dengan mengendorkan adjuster lock nut.

4. Setelah itu putar adjuster lock nut ataupun adjuster bolt buat menyetel ketegangan rantai roda.

5. Setel tegangan rantai ataupun jarak main leluasa rantai cocok dengan nilai spesifikasinya.

6. Cek serta yakinkan skala kiri serta kanan terletak pada posisi yang sama.

7. Sehabis berakhir melaksanakan penyetelan, kencangkan kembali baut serta mur as roda belakang cocok dengan momen spesifikasinya. Kala melakuan pengencangan baut serta mur as roda, tarik rantai ke atas supaya tidak merubah posisi kedua penyetel rantai roda.

3. Penggantian rantai roda sepeda motor

Apabila rantai roda telah tidak bisa dikencangkan ataupun rantai telah hadapi keausan yang sudah melebihi batasan hingga lakukanlah penggantian rantai roda tersebut. Penggantian rantai roda hendaknya dicoba dengan penggantian sprocketnya, sebab apabila penggantian cuma dicoba pada salah satu part hingga bisa menyebabkan kehancuran yang lebih awal dari part yang ditukar. Kala melaksanakan pemasangan buat rantai roda yang ada sambungan, pemasangan chain clip tidak boleh terbalik. Posisi pada bagian ujung terbukanya chain clip wajib bertentangan dengan arah putaran rantai buat menjauhi supaya chain clip tidak terlepas. Apabila chain clip terlepas hingga hendak berdampak sambungan rantai pula lepas serta hendak merusakkan part- part yang lain.

Itulah diatas sedikit ulasan mengenai Cara Merawat Rantai Roda Sepeda Motor yang perlu kalian ketahui. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kalian dalam merawat rantai roda kendaraan motor yang kalian miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *