Cara Pengurusannya Balik Nama Kendaraan Motor

Cara Pengurusannya Balik Nama Kendaraan Motor

Apakah masih ada yang bimbang dan bingung dalam pengurusan balik nama motor serta jumlah dana pembayaran yang wajib dibayarkan? Berikut ini pembahasan selengkapnya

Kalian yang memiliki rencana untuk membeli motor bekas, yakinkan dahulu kalau terdapat proses lain yang wajib kalian dicoba, ialah mengurus BBN dari nama owner tadinya jadi nama Kamu. Alasannya, bila Kamu tidak melaksanakan perihal ini, pasti saja akan sangat merepotkan kalian jika kalian akan mengurus perpanjangan STNK serta penggantian plat nomor dikemudian hari. Sebab Kamu akan bolak balik meminjam KTP owner tadi supaya proses tersebut dapat dilakukan

Apabila Kamu belum memahami dan mengerti apa itu balik nama kendaraan, balik nama kendaraan bermotor merupakan pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik awal ke tangan kedua, ialah kalian. Sebaiknya pada STNK serta BPKB hendaklah tertera nama kalian bukan nama owner tadinya.

Setelah itu, apa yang wajib dicoba buat mengurus proses balik nama motor? Berapa bayaran yang wajib dikeluarkan? Butuh dikenal jika mengurus serta mengenali BBN motor hendaklah dikenakan bayaran serta dibagi jadi 2 sebab buat mengurus STNK serta BPKB wajib dicoba di 2 tempat yang berbeda, ialah di kantor SAMSAT( Sistem Manunggal Satu Atap) serta Polda. Supaya Kamu lebih gampang memahaminya, berikut proses- proses pengurusan balik nama kendaraan kalian:

Prosedur Pengurusan Bayaran Balik Nama Motor 2021

  1. Menghadiri Kantor SAMSATpertama yang wajib kalian lakukan adalah menghadiri kantor SAMSAT terdekat. Domisili setelah tiba di kantor SAMSAT, pastikan kalian telah membawa surat – surat persyaratan yang akan diperlukan untuk balik nama kendaraan kalian seperti KTP, STNK, BPKB, serta kwitansi pembelian motor. Jangan lupa pula buat memfotokopi seluruh dokumen tersebut dengan rangkap 2. Berikutnya, dokumen tersebut dipisahkan antara yang asli serta fotokopi, setelah itu ditaruh di dalam map terpisah.
  1. Jalani Uji Raga KendaraanProses berikutnya merupakan motor Kamu wajib melaksanakan uji raga kendaraan. dalam proses uji ini, hendak dicoba oleh petugas SAMSAT. Sehabis petugas SAMSAT berakhir melaksanakan pengecekan uji raga kendaraan, kalian akan diberi hasil uji raga tersebut berbentuk No Rangka serta No Mesin Kendaraan. Sehabis itu, Kamu wajib memberikan hasil uji tersebut dengan berkas persyaratan yang dibawa kepada petugas loket uji raga kendaraan. Berikutnya, petugas loket akan melaksanakan verifikasi dokumen kalian. Jika telah sukses diverifikasi, lalu petugas menyerahkan kembali berkas serta hasil uji raga. Biasany kalian diminta untuk memfotokopi hasil uji raga kendaraan tersebut setelah itu barulah dilanjutkan pada proses berikutnya.
  2. Jalani Registrasi Balik Nama STNKBila uji raga telah dilakukan, selanjutnya kalian akan ditunjuk untuk ke loket registrasi balik nama. Pada loket ini kalian dapat menyerahkan seluruh berkas kepada petugas loket BBN, ialah fotokopi KTP, BPKB, STNK, kuitansi pembelian, serta hasil uji raga kendaraan. Sehabis petugas loket balik nama mengecek seluruh berkas, nantinya kalian akan diberi tanda terima bagaikan pengajuan STNK lagi diproses. Petugas mengembalikan seluruh berkas yang Kamu bagikan kecuali STNK asli serta fotokopi. dalam mengambil STNK yang baru, kalian dimohon buat tiba kembali pada hari yang sudah didetetapkan.
  3. Kembali Lagi ke Kantor SAMSATkamu akan diminta untuk kembali lagi ke kantor SAMSAT dengan waktu yang telah ditentukan untuk membayar segala administrasi untuk memperoleh STNK yanmg baru.

    Dikutip dari Liputan6. com, terdapat bayaran penerbitan Pesan Ciri Kendaraan Bermotor (STNK) sebesar Rp. 100. 000 buat kendaraan baru serta perpanjang. BBN KB (Bayaran Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) Rp225. 000, pula bayaran SWDKLLJ (Sumbangan Harus Dana Musibah Kemudian Lintas Jalur) Rp. 35. 000, dan bayaran administrasi STNK Rp. 25. 000, terdapat bayaran administrasi TNKB( Ciri No Kendaraan bermotor) Rp60. 000. Bila ditotal secara totalitas hingga jumlah dana yang wajib dibayarkan kepada petugas ialah dekat Rp620. 000. Nominal ini belum tercantum denda bila terdapat keterlambatan pembayaran tadinya. Jadi yakinkan membawa uang lebih.

  4. Menghadiri PoldaSehabis melaksanakan pembayaran, kalian akan diberi STNK baru, tetapi proses ini belum berakhir sebab masih terdapat BPKB yang wajib diurus pula. dalam mengurus dokumen ini, Kamu wajib tiba ke Polda sebab kantor SAMSAT tidak mengurus dokumen ini. Yakinkan Kamu pula telah bawa persyaratan yang dimohon, semacam fotokopi KTP, STNK yang terkini, hasil uji raga kendaraan, kuitansi pembelian motor, BPKB asli serta fotokopinya.
  5. Membayar BBN MotorBuat membayar BBN, Kamu dapat menghadiri loket BBN BPKB yang ada di Polda. Nantinya, kalian akan diberi no antrian serta formulir Bea Balik Nama BPKB. kalian diharuskan mengisi formulir tersebut. Pastikan seluruh pertanyaan telah terjawab seluruhnya dengan benar serta jujur. Bila telah mengisi formulir, berikutnya kalian diwajibkan melaksanakan pembayaran sebesar Rp.80 ribu di loket pembayaran Bank BRI yang telah ada. Bila telah sukses melaksanakan pembayaran, jangan lupa buat memfotokopi terlebih dulu dokumen fakta pembayaran serta campurkan dengan formulir registrasi. Selanujutnya, fakta pembayaran itu dapat kalian berikan kepada petugas loket balik nama BPKB berserta seluruh dokumen yang jadi persyaratannya. Bila telah lengkap seluruhnya, nanti petugas tersebut memberikan bukti terima yang berisi keterangan untuk pengambilan BPKB yang terkini. Simpan bukti tersebut dan jangan sampai hilang karena kalian akan membutuhkan kembali pa daat akan menganbil BPKB baru.
  6. Ambil BPKB TerbaruSeusai dengan yang telah ditetapkan, kalian diwajibkan datang kembali ke Polda untuk pengambilan BPKB yang baru. Jalani budaya mengantri dengan mengambil no antrian serta tunggu sampai no kalian terpanggil. Bila telah terpanggil, kalian dapat serahkan dokumen yang berisikan bukti pengambilan, fakta pembayaran, serta fotokopi KTP kepada petugas loket tersebut. Bila dokumen telah lengkap, hingga proses telah berakhir serta BPKB langsung diberikan kepada kalian.

Itulah cara pengurusan balik nama kendaraan semoga dapat bermanfaat untuk kalian yang akan mengurus balik nama kendaraan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *