Tips Jitu Membuka Usaha Cuci Motor Maju

Tips Jitu Membuka Usaha Cuci Motor Maju

Bicara tentang usaha cuci motor saat ini memang sedang menjadi peluang usaha yang menjanjikan, karena sepeda motor masih jadi kendaraan yang sangat banyak digunakan oleh warga Indonesia, terlebih warga menengah ke bawah. Perihal ini teruji dengan terus meningkatnya jumlah sepeda motor dari tahun ke tahun. Bersumber melalui informasi yang diambil dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2018, jumlah sepeda motor di Indonesia telah menggapai 120, 1 juta unit.

Keadaan tersebut membuka kesempatan usaha yang potensial, ialah usaha cuci motor. Banyak para pengguna sepeda motor yang memakai jasa cuci motor sebab tidak mau cuci motor mereka sendiri dengan bermacam alasan. Karena banyak aktivitas tiap harinya yang membuat mereka letih ataupun tidak pernah punya waktu luang, bisa jadi pula sebab tidak dapat cuci motor sendiri maupun malas. Bayaran cuci motor juga terbilang murah, sehingga mereka tidak usah berpikir panjang buat menyisihkan sedikit duit demi untuk membuat motor mereka bersih sehingga aman dikendarai.

Karena hingga saat ini jasa mencuci motor terus menjadi bertambah laris, pelakon usaha di bidang ini juga terus meningkat, teruji dengan banyaknya tempat pencucian motor yang kerap kita temui di bermacam tempat di perkotaan maupun pedesaan. Ada yang menjalaninya untuk sebagai sumber pemasukan utama, dan banyak pula yang menjadikannya sebagai usaha sampingan.

Tips Saat Membuka Usaha Cuci Motor

Bila kalian tertarik buat menekuni bisnis cuci motor ini, tidak pernah ada kata terlambat untuk mengawali semua itu, sebab saat ini bisnis ini tetap masih memiliki prospek yang bagus. Lagi pula, bisnis ini tidak membutuhkan kemampuan spesial yang rumit tidak hanya menekuni gimana cuci motor dengan benar memakai perlengkapan yang dibutuhkan, serta melayani pelanggan dengan baik. Memanglah sih, mengawali bisnis ini butuh modal yang cukup besar, sekitar lebih dari Rp 20 juta buat membeli perlengkapannya saja, belum tercantum untuk mempersiapkan tempat ataupun lokasinya. Berikut dibawah ini kami akan menjelaskan hal – hal yang perlu kalian ketahui saat akan membuka bisnis cuci motor diantaranya sebagai berikut:

1. Pelajari metode cuci motor dengan benar

Cuci motor tampaknya merupakan pekerjaan yang cukup mudah, apalagi siapa saja juga dapat melaksanakannya. Tetapi nyatanya, tidak semudah itu cuci motor hingga bersih optimal, sebab terdapat bagian- bagian yang butuh dibersihkan dengan cermat, misalnya mesin serta sela- selanya. Bila tidak paham gimana membersihkannya dengan baik, bisa- bisa mengganggu mesin serta mesin bisa jadi berkarat. Makanya, metode cuci motor yang baik butuh dipelajari terlebih dulu, misalnya dengan metode mencermati orang yang cuci sepeda motormu kala kalian lagi memakai jasa mencuci motor. Perhatikan kala mereka cuci motor. Bila hasilnya bagus, kalian dapat meniru metode kerja mereka.

2. Persiapkan tempat usaha di posisi yang strategis

Sama seperti dengan usaha bisnis yang lain, posisi tempat usaha menjadi aspek berarti yang mempengaruhi kelangsungan usaha yang kita buat. Tempat yang strategis hendak sangat mendukung kelancaran usaha jasa pencucian motor ini. Pastinya banyak pula aspek lain yang wajib dipertimbangkan dalam pemilihan posisi tempat, kita harus memperhatikan pula apakah ada yang membuka bisnis seperti yang akan kita jalani di wilayah tersebut. Setelah menentukan posisi yang pas, selankutnya persiapkan ruang usaha yang mencukupi, yang dapat menampung beberapa banyak motor disaat usaha cuci motor yang kalian bangun telah dibuka. Tidak hanya itu, dibutuhkan juga ruang tunggu dengan meja pembayaran, dan buat memarkir motor pelanggan yang lagi mengantri.

3. Persiapkan perlengkapan buat mensterilkan motor

Pencucian motor hendaknya dicoba dengan dorongan perlengkapan yang mencukupi supaya lebih instan, bersih serta cepat pekerjaannya, ialah dengan mesin mencuci motor semacam kompresor serta mesin steam. Akses air bersih di posisi usaha pula wajib dipertimbangkan karena akses air bersih perlu diakses dengan mudah. Terdapat pula peralatan yang lain yang wajib disiapkan lebih dini, misalnya spons, cairan pembersih, gosok, kain lap, semir ban, serta lain- lain.

Supaya usaha mencuci motor kalian lebih handal serta banyak diminati konsumen, serta bila kalian memiliki modal lebih, kalian dapat memakai perlengkapan mencuci dengan mencuci salju. Kalian pula dapat sediakan sistem hidrolik supaya motor dapat dinaikan ke atas buat dapat mensterilkan bagian bawah motor dengan lebih optimal. Jika sistem hidrolik sangat mahal, buat menyiasatinya, pakai besi yang dilas serta terbuat wujud yang membolehkan supaya motor dapat diparkir lebih besar, sehingga bagian bawahnya dapat dibersihkan dengan mudah.

4. Merekrut karyawan

Paling tidak kalian membutuhkan 2 ataupun 3 orang karyawan di awal mula usaha cuci motor ini buat menolong mencucikan motor para pelanggan. Usaha jasa pencucian motor umumnya mempekerjakan karyawan pria, sebab pekerjaan yang dicoba lumayan berat. Hendaknya cari orang yang ingin serta sanggup bekerja keras, cermat, serta dapat berlagak ramah pada pelanggan. Bila belum berpengalaman, mereka butuh belajar memakai perlengkapan dengan baik sehingga dapat cuci motor dengan cepat dengan hasil yang bersih.

5. Jalani promosi serta pemasaran yang efektif

Promosi dapat dicoba dengan bermacam metode, misalnya memasang banner ataupun spanduk di tempat- tempat ramai serta di jalan utama di dekat tempat usaha cuci motor, sekalian pasang petunjuk arah mengarah ke posisi. Media promosi wajib terbuat menarik supaya calon pelanggan berminat untuk cuci motor mereka ke tempat kalian, misalnya dengan mencantumkan harga yang lebih murah dibanding tempat lain, ataupun harga spesial buat beberapa pelanggan awal misalnya.

Bagikan pula bermacam penawaran menarik untuk pelanggan, misalnya hadiah berbentuk souvenir buat pelanggan yang telah memakai jasa mencuci motor kalian sebanyak 5 kali, ataupun misalkan dengan membagikan voucher free 1 kali mencuci buat yang telah berkunjung sebanyak 5 kali. Souvenir yang diberikan dapat berbentuk beberapa barang kecil yang bermanfaat, misalnya pulpen ataupun gantungan kunci, yang membuat konsumen merasa bahagia dengan pelayanan yang diberikan. Benda tersebut pula dapat dijadikan media promosi dengan metode mencantumkan nama tempat mencuci motor kalian, sekalian alamat serta no teleponnya. Perihal ini pula hendak membuat pelanggan mengingat brand kalian serta melaksanakan kunjungan selanjutnya.

6. Bagikan pelayanan yang memuaskan

Buat sesuatu bisnis yang bergerak di bidang jasa semacam mencuci motor, pelayanan yang baik jadi modal berarti buat kelangsungan usaha. Pelayanan yang baik diawali dari perilaku ramah terhadap pelanggan, misalnya membagikan senyum serta menyapa, serta yang sangat berarti merupakan membagikan hasil pencucian motor yang memuaskan sebab tujuan konsumen memakai jasa mencuci motor merupakan supaya kendaraan mereka dapat bersih seluruhnya. Oleh karena itu, senantiasa ingatkan karyawan kalian buat membagikan pelayanan yang terbaik. Terus menjadi baik pelayanannya, hendak membuat pelanggan terus menjadi percaya buat kembali lagi memakai jasa mencuci motor kalian.

7. Mengusahakan pemasukan tambahan

Usaha mencuci motor dapat digabungkan dengan bidang bisnis yang lain, yang dapat dijalankan sekalian di tempat yang sama, misalnya jasa cuci helm. Dengan melaksanakan bisnis lain tersebut, kalian dapat memperoleh pemasukan bonus. Meski pangsa pasar dari layanan mencuci helm tidak sangat luas, tetapi dapat pula membagikan keuntungan, terlebih banyak orang yang enggan buat mensterilkan helm. Jadi, tidak hanya mencucikan motor pelanggan, kalian dapat menawarkan jasa cuci helm kepada konsumen.

Terdapat pula nih kesempatan bisnis sampingan yang lain dengan menggunakan ruang tunggu. Kalian dapat sediakan kulkas yang diisi dengan bermacam berbagai minuman kemasan. Dengan begitu, para pelanggan yang mengantri buat mencucikan motor mereka dapat sekaligus membeli minuman di ruang tunggu. Buat memenuhinya, sajikan pula sebagian berbagai cemilan.

Itulah diatas sedikit penjelasan tentang cuci motor serta kami juga telah memberikan beberapa tips saat akan membuka usaha cuci motor agar usaha yang kalian lakukan maju dan terus untung. Namun tidak hanya keahlian cuci yang baik, kalian pula wajib belajar tentang sistem pembukuan dasar semacam pengeluaran serta pendapatan supaya usaha kalian nantinya dapat kilat tumbuh. Butuh diingat kalau pengelolaan keuangan yang baik merupakan salah satu kunci utama buat memajukan sesuatu bisnis. Demikian artikel ini kami buat semoga dapat bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk kalian yang akan membangun usaha cuci motor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *